FIESTA RUJAKAN SANUR 2020, DUKUNG KEBANGKITAN EKONOMI UMKM DAN PARIWISATA

Denpasar, travellingbali.com
FIESTA RUJAKAN SANUR yang akan digelar di area Pantai Segara, Sanur, pada tgl 4-6 September 2020. Event perdana tersebut akan menyajikan kreasi, inovasi dan kolaborasi berbasis komunitas warga Sanur.


Ketua Panitia Penyelenggara FIESTA RUJAKAN SANUR Nengah Budi Hartawan mengatakan Fiesta Rujakan Sanur diadakan untuk menunjang dan menggairahkan kembali pariwisata khususnya di Sanur, serta sebagai momentum untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang UMKM.


“Karena seperti kita ketahui bersama, dampak Covid-19 ini telah membuat perekonomian nasional dan Bali tersendat. Dengan adanya event ini kami berharap ekonomi dan pariwisata kembali bergeliat,” tuturnya di Sanur, Senin (31/8/2020).
Untuk itulah Segara The Seaside Bar & Restaurant berinisiatif menggagas penyelenggaraan event ini.


Budi Hartawan yang sekaligus sebagai General Manager Segara The Seaside Bar & Restaurant menyampaikan, istilah “Rujakan” menggambarkan isi dari rujak berupa campuran buah dan bumbu. Dalam kaitan dengan event ini, dimaksudkan adalah campuran atau kolaborasi berbagai macam UMKM yang ada di Sanur dalam satu wadah, yaitu Fiesta Rujakan Sanur.


UMKM yang berpartisipasi di dalam Event ini diikuti oleh 34 tenant, khusus UMKM yang berdomisili di Sanur yang bertujuan untuk membangkitkan stimulus ekonomi rakyat kecil pada umumnya, Adapun kuliner yang akan di sajikan nantinya yaitu berbagai macam kuliner khas Sanur mulai dari Rujak, Bubur Bali, Nasi Campur Bali, Tipat taples dan menu hidangan khas Bali lainnya. Selain acara mengenai Kuliner juga akan menampilkan Pameran Bonsai dari komunitas Bonsai, HypnoParenting (Pola Asuh anak), dan ada beberapa Band yang akan mengisi acara beserta colaborasi seni Budaya.


Dalam kondisi pandemi saat ini, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menyediakan tempat mencuci tangan di beberapa titik serta membagikan 1.000 buah masker kepada pengunjung. Selain itu informasi dan transaksi dilakukan melalui QR Code dan cashless yang di Support oleh Bank BRI dan Link Aja.
Kepala BRI Sanur, Abdul mengatakan pihaknya mensupport penyelenggaraan event ini dengan menyediakan transaksi cashless.


“Dengan melakukan scan QR Code atau unduh aplikasi Link Aja, lalu top up, setelah itu bisa keliling melihat stand. Ini sebagai edukasi serta mendukung program pemerintah dan Bank Indonesia untuk penggunaan cashless,” ungkapnya.
Kepala Area Bali Link Aja, Afrian Hindrawijaya menyampaikan saat ini cashless menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, transaksi menggunakan uang tunai/kartal sangat berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19.


“Transaksi berbasis cashless itu sangat mudah, tidak perlu membawa uang banyak dan tentunya dapat meminimalisir potensi penyebaran Covid-19,” paparnya. (dd/tb)

Tag : Fiesta Rujakan Sanur Denpasar 

Please Login to Leave a Comment